Monitor Ekspres
Berita umum Daerah Lampung

Positif ! Dua Penderita DBD di Kelurahan Tejosari, Dinkes Metro Lakukan Fogging

METRO – Dua Warga Kelurahan Tejosari, Kecamatan Metro Timur, Metro Lampung positif terkena Demam Berdarah Dengue (DBD). Dinas Kesehatan pun langsung terjun ke sana melakukan fogging atau pengasapan.

“Iya, tadi pagi sudah dilakukan fogging di RT 19, RW 07 kelurahan Tejosari. Ada Dua penderita DBD di sana,” kata Vergie Herfina Bidan Kelurahan setempat kepada MonitorEkspres.Com, Senin (23/12/19).

Dikatakannya, tindakan fogging atau pengasapan yang dilakukan di sana dilakukan untuk melumpuhkan nyamuk Aedes Aeghepty dewasa yang aktif.
Pengasapan yang dilakukan di Kelurahan Tejosari hanya bersifat fokus tidak total. Pengasapan hanya dilakukan di wilayah tempat tinggal penderita DBD dengan radius kurang lebih 100 meter.

“Ketepatan tadi ada sekitar 10 rumah yang sudah di semprot. Bukan pengasapan total, kalau total itu kan seluruh rumah warga yang ada di sana difogging,” ujarnya.

Lurah Tejosari, Ansyori, yang ikut serta mendampingi petugas Dinkes Metro melakukan fogging mengatakan, tim dinkes langsung menyisir rumah-rumah warga untuk melakukan pengasapan.

Tak hanya di dalam rumah, pengasapan yang bertujuan membasmi sarang nyamuk penyebab penyakit demam berdarah itu juga dilakukan di lingkungan rumah. Seperti di pekarangan, saluran air serta kandang milik warga setempat.

“Khusus di Keluarahan Tejosari ini ada Dua kasus DBD yang ditemukan, lokasinya ada di RT 19 dan 07,” kata Ansyori.

Ansyori juga menghimbau, khususnya bagi warga masyarakat yang ada Kelurahan Tejosari supaya ikut bersama-sama mencegah penularan penyakit DBD dengan cara hidup bersih dan sesegera mungkin mengubur barang-barang bekas yang sifatnya bisa ditinggali nyamuk. Sehingga dapat mencegah nyamuk untuk berkembangbiak.

“Yang kita tau foging bukan lah suatu penyelesain DBD, maka saya menghimbau agar warga bisa bersih-bersih disekitar lingkungan tempat tinggal,” kata Ansyori.

Penulis: Indar
Editor: Bima

Related posts

Kunjungan Rumah Informasi Sejarah Walikota Wahdi Sambut Senator Jihan

admin

Pasien Positif Covid-19 Meningkat di Barengi Wabah DBD Berkembang

admin

Usai Beraksi di Dua TKP, Pelaku Curat Asal Tumijajar Tulangbawang Barat Berhasil Diringkus Polisi

admin