Monitor Ekspres
Daerah Lampung

Puskeskel Tejosari Dan Para Kader, Sosialisasikan Pencegahan DBD

METRO – Puskesmas Kelurahan (Puskeskel) Tejosari, Metro Timur dibantu Kader Jumantik, Kader LBS dan PHBS mengadakan sosialisasi tentang pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sekaligus memberikan bubuk abate ke warga.

Warga yang menerima bubuk abate diminta untuk menaburkan pada genangan air yang berada di seputaran rumah mereka. Bubuk abate digunakan untuk mencegah perkembangan jentik nyamuk demam berdarah dengue (DBD).

Kegiatan tersebut disambut antusias oleh warga RT 17 dan RT 23 dan kepala Kelurahan Tejosari, Ansyori Amd juga turut mengapresiasi kegiatan ini.

“kegiatan ini cukup efektif dengan pemerikasaan genangan air dan menaburkan bubuk abate untuk pencegahan DBD. Jadi kalau nyamuk, mau nelor, pasti langsung mati,” kata Ansyori, Sabtu (11/1/2020).

Selain menaburkan abate, Ansyori turut mengimbau warganya untuk melakukan pencegahan DBD dengan menanam tanaman yang telah teruji dan berkhasiat  mengusir nyamuk.

“Pada intinya yang penting itu jaga kebersihan di lingkungan sekitar, tambahkan tanaman lavender atau sereh juga bisa mengusir nyamuk,” kata Ansyori lagi.

Sementara, Bidan Puskeskel Tejosari, Vergie Herfina Amd.Keb menambahkan, bahwa sosialisasi pencegahan DBD di wilayah Kerjanya merupakan agenda rutin yang selalu dilaksanakan, dan termasuk salah satu program yang disiapkan dalam memasuki musim hujan.

“Terkait dengan pencegahan DBD, begitu masuk musim hujan pasti akan banyak nyamuk yang bertelur, menetas, dan menjadi nyamuk dewasa. Nah itu harus di antisipasi, biasanya dengan menaburkan abate ke setiap genangan air, secara otomatis nyamuk yang bertelur atau larva nyamuk DBD akan mati,” ujar Bidposkeskel Tejosari itu.

 

 

Publish : Redaksi

 

Related posts

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Walikota Metro Kukuhkan TPAKD

admin

Ardian Saputra Pimpin Rakor TPID Jelang Perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah

admin

Pemkab Tulang Bawang Kembali Raih WTP

admin