Monitor Ekspres
Advertorial Daerah Lampung

Dinkes Metro Pastikan Tidak Ada Obat Khusus Untuk Virus Corona

METRO – Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, drg.Erla Andrianti, M.Kes memastikan tidak ada obat khusus bagi pasien suspect maupun positif virus corona (Covid-19).

“Belum ada obatnya, tidak ada obatnya. Hanya peningkatan daya tahan tubuh penderita saja yang kita pacu. Jadi itu belum ada obatnya,” ujar Erla kepada awak media usai menghadiri acara pertemuan IDI di RS.Azizah Metro, Sabtu (07/03/2020).

Untuk antisipasi, Erla mengharapkan masyarakat di Kota Metro dapat melaksanakan pola hidup bersih dan sehat. sehingga dari lingkungan yang terjaga dapat mencegah datangnya penyakit. Selain itu pihaknya telah menyiapkan alat deteksi pengukur suhu badan yang telah disiapkan di seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Kota Metro.

“Kita juga minta kepada masyarakat untuk segera datang ke fasilitas kesehatan apabila terjadi demam, terlebih bagi masyarakat yang ada riwayat berpergian dari luar negeri atau ada kontak dengan orang yang menderita. Kita juga sudah menyiapkan alat pengukur suhu badan di Rumah Sakit, di Puskesmas juga sudah siap,” terangnya.

Selanjutnya, Erla juga memastikan, bahwa di wilayah Kota Metro belum ada pasien suspect COVID-19 maupun positif virus corona.

“Belum ada. Se-Lampung juga belum ada,” tegasnya.

dr.Agung Budi Prasetiyo, Sp.PD,M.Kes bersama drg.Erla Andrianti Ka. Dinkes Metro

Sementara itu, Ketua IDI Cabang Metro, dr. Agung Prasetiyono,Sp.PD,M.Kes dalam wawancara bersama awak media menyebut, bahwa COVID-19 merupakan mutasi dari SARS.

“Jadi ini hampir sama seperti SARS, atau SARS genersi ke dua. Prilakunya sama virus ini dengan SARS, jadi penanganannya sama dengan SARS,” bebernya.

Ia juga menjelaskan, virus corona (COVID-19) sebetulnya sama seperti virus lainnya. Sehingga pencegahannya dapat melalui peningkatan imunitas tubuh.

“penyakit ini bisa sembuh sendiri, tapi komplikasinya ini lah yang membahayakan,” jelasnya.

Selain itu, dr.Agung juga mengajak warga masyarakat di kota metro agar tetap menjaga kondisi kesehatan dengan cara mengkonsumsi suplemen kesehatan.

“Obatnya sederhana, jadi di Indonesia itu ada yang namanya empon-empon, suplemen ini sifatnya juga meningkatkan daya tahan tubuh,” tuturnya.

Editor : Bima

Related posts

Usai Laksanakan Musyawarah PC PMII Lampura Resmi Berganti Kepengurusan

admin

Tim Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) Rayon Pulung Kencana Tubaba Amankan 7 KWH Bermasalah di Desa Purbasakti

admin

Tahap Akhir Peningkatan Ruas Jalan Simpang Tujok – Panaragan di Tiyuh Karta Tulangbawang Barat

admin