Monitor Ekspres
Berita umum Budaya Daerah Lampung Pilihan Redaksi Tulang Bawang Barat

SMAN 1 Tuba Tengah Harumkan Nama Pemkab Tuba Barat

PANARAGAN- Monitorekspres.com : Sanggar Buntara Budaya Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) meraih juara pertama Liga Tari Provinsi Lampung. 

Menampilkan Tari Ngurau, SMAN 1 Tulangbawang Tengah berhasil menyingkirkan pesaingnya dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Lomba dilaksanakan pada 24-26 Agustus di Taman Budaya Bandarlampung. 

Suhendi Yopi, koreografer atau penata tari, menjelaskan Tari Ngurau terinspirasi dari kegiatan gadis Lampung dalam mengundang masyarakat untuk hadir di pesta adat masyarakat Pepadun, Tubaba.

“Biasanya, gadis-gadis tersebut mengenakan kain sarung dan payung untuk pergi ke rumah-rumah mengundang masyarakat untuk hadir dalam pesta adat perkawinan,” ungkapnya, Senin 31/08/2020

Dijelaskan, tari itu menggambarkan tentang ketulusan dan kegembiraan gadis Lampung dalam menyampaikan undangan kepada masyarakat untuk menghadiri acara pernikahan adat Pepadun. 

“Kehadiran Rhato dan Burung Garuda (Kereta Kencana,red) menambah megah dan sakralnya acara tersebut,” jelasnya.

Tari Ngurau itu dibawakan lima siswi SMAN 1 Tulangbawang Tengah. Yaitu, Putri khoirina, Tariza Ariska, Septia Wulandari, Nina Nailatul Muna, dan Anis Saputri.

“Kemenangan ini diharapkan dapat memberikan semangat bagi seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Tubaba untuk terus berkarya dan meraih prestasi,” harapnya.

Laporan : Sayuti
Publish. : Redaksi

Related posts

Masa Pandemi, SMSI Salurkan Sembako PTPN 7 Unit Usaha Way Berulu

admin

Dr. Azmi Syahputra, S.H.M.H : “Preman Belum Tentu Jahat” Siap Bantu Penerapan Prokes Covid-19

admin

Musrenbang Kecamatan Tuba Tengah Harapkan Prioritas Pembangunan Agar Tepat Sasaran

admin