Berita umum Daerah Headline Lampung Pilihan Redaksi Tulang Bawang Barat

Pengurus SMSI Tulang Bawang Barat Resmi di Lantik

PANARAGAN- monitorekspres.com ( SMSI) : Ketua SMSI Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) provinsi Lampung Doni Irawan resmi melantik kepengurusan SMSI Kabupaten Tulangbawang Barat Masa Bhakti 2020 – 2025. Pelantikan berlangsung di Kantor SMSI Tulangbawang Barat, di Tiyuh Penumangan Kecamatan Tulangbawang Tengah, Rabu 25/11/2020.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad, SP, Forkopimda, Wakapolres Kompol Tri Hendro Prastyo, SH, Ketua SMSI provinsi Lampung Doni Irawan, perwakilan pengurus SMSI Pusat Yuliardi, SIP,MH, Ketua PCNU H.Nurhadi, S.Pdi, Ketua IWO Abdi Fathoni, Ketua KWRI Mirhan, sejumlah pemilik media, serta tokoh masyarakat..

Dalam sambutannya, Ketua SMSI Lampung Doni Irawan mengatakan hadirnya SMSI berawal dari pemikiran para senior dan pimpinan PWI seluruh Indonesia, yang melihat pertumbuhan media online yang kian marak dan berada di luar jalur kaedah jurnalistik.

“SMSI dan adalah organisasi yang sama-sama konstituen Dewan Pers dan SMSI terlahir dari pikiran para petinggi PWI yang menganggap perlunya pelurusan pemberitaan di bidang syber yang sudah sangat jauh dari kaedah dan aturan jurnalistik,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta kepada media yang tergabung dalam SMSI , harus menumbuhkan berita yang akurat dan berimbang,.

Dirinya juga berharap SMSI Tulangbawang Barat mampu melakukan bimbingan bagi para media siber untuk melengkapi segala bentuk kelengkapan sebagai media hingga tidak terjerat UU ITE. Dan bagi yang memiliki website untuk melengkapi segala persyaratan yang ada hingga medianya memiliki akta Perusahaan dan berbagai persyaratan lainnya.

Ditempat yang sama Ketua Bidang Hukum, Arbitrase dan Legislasi Pusat Juniardi,SIP,MH mengajak pengurus SMSI di Tulangbawang Barat untuk memfilter berita hoax. Karena saat ini banyak informasi yang berasal dari sosial media. Dan media siber diharapkan dapat memberikan pencerahan dan menggali informasi yang disuguhkan dengan berita yang berimbang.“ Kepada rekan rekan pengurus SMSI kiranya bisa menangkal berita bohong. Menulis berita harus didapat dari sumber ya jangan menulis berita bohong. Tugas media siber meluruskan informasi kepada masyarakat,” harapnya.

Sementara Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad, SP menyambut baik kehadiran SMSI di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai. Dengan hadirnya SMSI diharapkan dapat berpartisipasi dalam memajukan daerah.

“ Kami ucapkan selamat kepada rekan rekan pengurus SMSI yang telah dilantik, semoga bisa menjadi mitra pemerintah daerah dengan pemberian yang akurat dan berimbang. Dengan semangat profesionalisme jurnalis dan berpegang pada kode etik jurnalistik, maka dalam kesempatan ini saya berharap kepada rekan-rekan sekalian untuk konsisten menyajikan pemberitaan yang berimbang, proporsional dan bertanggungjawab. Memberi nilai manfaat bagi masyarakat dengan pemberitaan yang informatif dan edukatif, serta tentunya menghindari pemberitaan yang bersifat bohong (hoax), fitnah maupun provokatif. Sehingga terciptanya sinergitas antara SMSI dengan pemerintah daerah,” harapnya.

Lebih lanjut Umar Ahmad mengajak awak media untuk dapat berkontribusi langsung di dalam melaksanakan pembangunan di kabupaten Tulangbawang Barat.

“Sayapun mengajak rekan-rekan media untuk turut serta berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui perannya sebagai kontrol sosial terhadap jalannya pemerintahan dan menjembatani antara pemerintah dengan masyarakat. Dalam sebuah demokrasi, terdapat empat pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu eksekutif sebagai fungsi pemerintahan, legislatif sebagai fungsi aspirasi rakyat, yudikatif sebagai fungsi hukum dan yang terakhir adalah pers yang menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial,” pungkasnya.

Laporan : Sayuti
Publish. : Redaksi

Related posts

Kepalo Tiyuh Pagar Jaya Lambu Kibang Berserta Perangkat Abai Terhadap Tugas

admin

Rapimnas SMSI 2023 Dipersiapkan, Bertepatan Dengan Peringatan Sumpah Pemuda

admin

Wujudkan Tata Kelola Tiyuh Yang Baik Bersih Dan Beriman, Hadri.SH Mohon Dukungan Warga Gunung Katun Malay.

admin