Monitor Ekspres
Berita umum Daerah Lampung Tulang Bawang Barat Wisata

Pameran Bonsai Bertajuk Pepung Bonsai Tubaba, Menjadi Daya Tarik Penghobi Bonsai se Provinsi Lampung

PANARAGAN- monitorekspres.com : Pameran Bonsai yang bertajuk Pepung Bonsai Tubaba tahun ini menjadi daya tarik penghobi bonsai dari Kabupaten Tulang Bawang Barat dan luar Tubaba.

Ada 369 bonsai dari 13 kab/kota di provinsi Lampung dan yg tidak mengikuti adalah kabupaten Pesisir Barat dan Pesawaran. Dari jumlah itu terdiri dari bonsai Prospek 225, Regional 144.

“Ini kontes Lokal, namun harapan kedepan dapat menjadi kontes Nasional maupun internasional,” jelas Ketua Panitia Pameran Bonsai Gianyar yang juga Penasihat PPBI Tubaba Roni, didampingi Ketua PPBI (Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia) Cabang Tulang Bawang Barat Rizal Irawan, ditemui Minggu 06/12/2020.

Dijelaskan, penilaian bonsai memiliki rumus tersendiri. Mulai dari komposisi antara pot dan ranting. “Ada pohon ekstrem yang meliuk-liuk. Ada pohon formal. Ada pohon kecil, tapi pot besar, tidak sesuai. Tata letak juga dilihat,” jelasnya.

Dilihat dari partisipasi kelas prospek, saat ini jumlahnya mencapai dua ratusan lebih. Menurut Roni, hal ini menunjukkan trend positif perkembangan bonsai khususnya di Tubaba.

Dijelaskan, bonsai yang dapat piala best ditentukan 20 unit. “Yang terbaik di masing-masing kelas dapat dua puluh piala secara keseluruhan, di tambah dua piala best class
Piala The best in show untuk terbaik dari yang terbaik,” jelasnya. 

Juri lomba yang dilibatkan yakni Kuncoro dari Surabaya, di jelaskan oleh Kuncoro bahwa penilaian, menitikberatkan pada empat penilaian dasar, yang pertama penampilan, kedua keserasian, ketiga tata dasarnya dan keempat adalah Alami.
Karena bonsai adalah peniruan dari alam yang kita kerdil kan dan dapat semaksimal mungkin seperti pohon yang di alam.

Harapan Kuncoro sebagai juri untuk kedepan agar pameran seperti ini dapat lebih besar bersekala nasional karena saat ini masih seputar propinsi Lampung dan nantinya bisa bertarap internasional, pungkasnya.

Laporan : Sayuti
Publish : Redaksi

Related posts

Buron Selama Empat Bulan Pelaku Penganiayaan Asal Mulya Asri Tubaba di Tangkap Polisi

admin

Why Hasn’t A Woman Run The New York Times Styles Section

admin

Kapolres Tubaba Pimpin Upacara Wisuda Purna Bakti Personel

admin