Monitor Ekspres
Hukum Tulang Bawang Barat

BUMTi/BUMDES Tiyuh Panaragan Jaya Indah Tubaba Mandek, Ada apa?

PANARAGAN – monitorekspres.com (SMSI-LPG) : Sangat miris sekali alasan-alasan yang di berikan oleh aparatur Tiyuh/Desa mengenai perkembangan usaha milik Tiyuh/Desa, yaitu Badan Usaha Milik Desa/Tiyuh.(BUMDES/BUMTi).

Salah satunya adalah penjelasan dari Carik/juru tulis Tiyuh Panaragan Jaya Indah Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat Winarwan saat dijumpai di kediamannya, Minggu 25/04/2021.

Saat di tanya mengenai perkembangan BUMtiyuh/BUMdes di Tiyuh Panaragan Jaya Indah,pak Winarwan mengatakan tidak mengetahui tentang perkembangan BUMTnya dikarenakan ada pengurusnya sendiri,namun yang jelas BUMTi di Tyuh PJI tidak berjalan alias jalan di tempat, dan semenjak di bentuknya BUMTi mulai tahun 2015,dengan modal 80.juta,dan pada tahun 2016,di tambah lagi modal 200 juta,namun berjalan hanya sampai tahun 2016 itu aja, karena mengalami kerugian.Usaha yang di geluti adalah Usaha Ayam di tahun 2015,karena mengalami kerugian,maka di tahun 2016,setelah di tambah lagi modal 200 juta, lalu di ganti dengan Usaha Sapi.

“Betul Mas,BUMTi kita di tiyuh ini sebelumnya memang ada,awalnya kita dengan modal 80 juta,kita buka usaha ternak Ayam,tapi pada saat itu mengalami kerugian karena hasil yang di dapat tidak sesuai dengan biaya pengelolaannya,” jelas Winarwan selaku Carik Tiyuh Panaragan Jaya Indah.

Lanjut Winarwan,”setelah mengalami kerugian usaha Ayam,maka di tahun 2016 BUMTi tetap berjalan dengan di tambah lagi modal dari Tiyuh sebesar 200 juta,lalu Ketua BUMTi pak Sunardi meneruskan dengan memelihara Sapi,akan tetapi tetap mengalami kerugian,maka mulai tahun 2017 BUMTi kita mandek dan sampai sekarang tidak berjalan lagi, semua laporan-laporan kerugiannya ada semua Mas,dan mungkin juga masih ada sisa dikit-dikit dari modal BUMTi kita,ya mungkin di simpan dalam Kas Tiyuh,saya juga nggak tau karena saya nggak ngurusin masalah itu,”ungkap Winarwan.

Sampai berita ini di terbitkan, Ketua BUMTi era 2015-2016 Sunardi belun bisa di hubungi, menurut istri dari Sunardi, ” bapak masih Kerja mas” jelas istrinya Sunardi saat didatangi di kediamannya. ( Say/Red)

Related posts

Buntut Dari Kasus Bimtek, Satreskrim Polres Lampura Kembali Priksa Dua Oknum Pejabat

admin

Wabup Fausi Hasan Melepas Peserta Perlombaan MTQ Ke 48 Tingkat Provinsi Lampung

admin

Curi Motor di Margodadi Tumijajar Pemuda Asal Abung Semuli diamankan Satreskrim Polres Tubaba

admin