Monitor Ekspres
Berita umum Hukum Tulang Bawang Barat

Panitia Pilkati Wonokerto Kangkangi Perbup Tubaba nomor 54 atas Perubahan Perbup nomor 31 tahun 2021

PANARAGAN – monitorekspres.com : Peraturan Bupati Tulang Bawang Barat nomor 54 atas perubahan Perbup nomor 31 tahun 2021 tentang pedoman pemilihan Kepalou Tiyuh yang tertuang dalam pasal 17 ayat 3.

Panitia pencalonan kepalou Tiyuh,apabila yang bersangkutan mencalonkan diri,maka yang bersankutan harus mengundurkan diri sebelumnya.
Ayat 4, apabila anggota panitia pemilihan ditetapkan sebagai bakal calon kepalou Tiyuh atau berhalangan,keanggotaannya digantikan oleh perangkat Tiyuh, pengurus lembaga kemasyarakatan atau tokoh Masyarakat yang lain berdasarkan keputusan BPT.
Ayat 5, panitia pemilihan kepalou Tiyuh harus bersikap netral,adil,jujur,dan tidak memihak.

Hal ini di jelaskan juga oleh Kasi Pemerintah kecamatan Tuba Tengah Kabupaten Tubaba,Yanwar Ardi dan Sekcam,Samsul Hadi di ruang kerjanya.Jum’at 20/8/2021.

Namun hal ini dilanggar oleh Panitia penerimaan calon kepalou Tiyuh Wonokerto kecamatan Tulang Bawang Tengah,Tulang Bawang Barat.
Di Tiyuh Wonokerto.Ada salah satu panitia,tiba-tiba di akhir pendaftaran balon kepalou Tiyuh pada tanggal 19/8/2021,di malam harinya dia memasukkan berkas pencalonan sebagai balon kepalou Tiyuh Wonokerto. Namun sebelumnya dia belum mengajukan surat pengunduran diri.

Saat media menelusuri kebenarannya ke Kecamatan Tuba Tengah, Kasi Pemerintahan Kecamatan Yanwar Ardi mengatakan tidak tau permasalahan ini,karna laporan dari panitia Penerimaan balon,di Tiyuh Wonokerto cuman ada tiga bakal calon aja,saya baru tau tadi pagi kalau Balon Kati Wonokerto jadi empat.

“Kami tidak tau mas kalau bakal calon kepalou Tiyuh Wonokerto tiba-tiba ada empat,yang kami ketahui sesuai laporan panitia penerimaan bakal calon di Tiyuh Wonokerto itu ada tiga,kami baru tau hari ini kok jadi empat,”ungkap Yanwar Ardi.

Yanwar Ardi melanjutkan,masalah ini akan kami telusuri dulu,sebab kalau mengacu dari Perbup Tubaba nomor 54 tahun 2021 tentang perubahan nomor 31 tahun 2021 tentang pedoman pemilihan kepalou Tiyuh,yang tertuang dalam pasal 17 ayat tiga (3),panitia tidak boleh menjadi bakal calon Kepalou Tiyuh,apabila yang bersangkutan mencalonkan diri,maka yang bersangkutan harus mengundurkan diri,”jelas Yanwar Ardi.

Tiyuh Wonokerto dalam pencalonan balon Kepalou Tiyuh ada dua masalah, yaitu masalah panitia dan masalah berkas bakal calon KTP nya RT 00 dan RW 00, maka Kasi Pemerintah Kecamatan Tulangbawang Tengah Tubaba,Yanwar Ardi juga menjelaskan.
“Kalau masalah berkas salah satu balon Kepalou Tiyuh Wonokerto yang dalam KTP nya Rt 00 Rw 00,kami akan pelajari dulu,karna itu tidak tertuang dalam Perbup,bisa apa nggak,” kata Yanwar Ardi.

(Say/Me)

Related posts

Dr. Iskandar, S.H.,M.H Angkat Bicara Terkait Dugaan Pencabulan Oleh Pengasuh Ponpes di Tubaba

admin

Ketua PD IWO Lampura Kecam Aksi Pengeroyokan Terhadap Wartawan di OKU Timur

admin

Kepala UPTD KPH Batu Tegi Tanggamus, Resmi ditetapkan Sebagai Tersangka Kedua Korupsi DAK Budidaya Lebah Madu

admin