Berita umum Daerah Tulang Bawang Barat

Terpilih Menjadi Parlemen Remaja, Bunga Terpilih Menjadi Pemimpin Rapat Paripurna

PANARAGAN – monitorekspres.com :
Salah satu Siswa SMAN 1 Tumijajar Kabupaten Tulangbawang Barat terpilih menjadi Parlemen Remaja tahun 2021 yang mewakili dapil II Lampung, yang mana kegiatan Parlemen Remaja ini di ikuti seluruh siswa-siswi di Indonesia.

Parlementer Remaja merupakan kegiatan pembelajaran politik kepada generasi muda, khususnya pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Mereka akan merasakan simulasi menjadi Anggota DPR RI selama 5 hari, yang bertujuan Memasyarakatkan Fungsi dan Peranan DPR-RI Kepada Remaja Sebagai Generasi Penerus Bangsa, Memberikan pemahaman kepada siswa tentang proses pembuatan kebijakan publik di Parlemen, dan Meningkatkan pemahaman tentang proses demokrasi di Indonesia melalui pelaksanaan simulasi Parlemen

Sedang berbincang-bincang dengan ketua DPRD Ponco Nugroho di ruangannya. monitoreksprescom/Sayuti

Azzahra Bunga Cantika merupakan salah satu siswa kelas 12 menjadi salah satu di antara 131 Parlemen Remaja tahun 2021 yang di ikuti lebih dari 5000 siswa di seluruh Indonesia.

“Awal mulanya saya mengetahui kegiatan parlemen Remaja dari rekan saya, kemudian saya memiliki ketertarikan dalam dunia politik untuk itu saya mengikuti kegiatan parlemen Remaja pada bulan Juli lalu dan mengikuti tahapan seleksi berupa CV, Esai, dan Link Vidio kampanye yang di kirim ke website resmi DPR RI,” kata Bunga.

Ia mengatakan, dari 5000 lebih Peserta Azzahra Bunga Cantika mampu menjadi siswi yang terpilih menjadi Parlemen Remaja.

“Tanggal 24 kemarin pengumuman, Alhamdulillah saya bisa mewakili dapil II Lampung untuk ke tingkat nasional bersama 131 peserta lainnya di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Tak hanya terpilih, hebatnya Bunga juga dipilih menjadi salah satu dari 5 pemimpin yang akan memimpin rapat paripurna pada parlemen Remaja.

“Beberapa hari yang lalu saya mendapat kabar dari DPR RI bahwa saya terpilih menjadi diantara 5 pimpinan yang akan memimpin rapat paripurna pada parlemen Remaja tahun 2021,” sebutnya.

Bunga menyebutkan di provinsi Lampung yang terpilih menjadi Parlemen Remaja hanya 4 siswa antara lain, 1 dari Tulangbawang barat, 1 dari Lampung Utara dan 2 Bandar Lampung.

Saat dikonfirmasi Najamudin Kepala Sekolah SMAN 1 Tumijajar mengatakan, merasa bangga dikarenakan siswa nya memiliki prestasi tingkat nasional.

“Kami dari pihak sekolah SMAN 1 Tumijajar merasa bangga, selain dari membanggakan SMA kami tapi juga bisa membanggakan Tulang Bawang Barat dan dapil II Lampung yang tentu tidak semua siswa mempunyai kesempatan untuk meraih prestasi ini dan ini jelas bisa membuat kami bangga seharusnya kan kalau tidak covid Mungin anak (siswa) kami menjadi pimpinan sidang di Senayan Jakarta, karena ini Pandemi jadi sidang nya di DPRD provinsi,” ujar Nazam.

Sementara Ketua DPRD kabupaten Tulangbawang Barat Ponco Nugroho turut mengapresiasi prestasi yang di raih siswi SMAN 1 Tumijajar sebagai legislator remaja.

“Hari ini kami luar biasa kehadiran tamu, yang mana tamu ini adalah parlemen DPR RI dapil II Lampung, begitu masuk kita kaget ternyata ada Parlemen Remaja ini sangat luar biasa dan Alhamdulillah Parlemen Remaja ini kabupaten kita Tulang Bawang Barat mewakili dari sekian banyaknya Parlemen Remaja salah satu dari SMAN 1 Tumijajar luar biasa kami terima kasih,” kata Ponco.

Lanjutnya ia mengatakan, DPRD sejauh ini memang membutuhkan saran, masukan, dan kritik dari anak muda yang milenial yang memiliki pemikiran yang cemerlang.

“mi apresiasi karena apa dengan adanya Parlemen Remaja, terutama kami butuh seperti ini karena pemuda-pemudi anak muda milenial sekarang ini pemikiran nya sangat cemerlang dan ini mereka kalau memberi saran, masukan, dan kritik ini tidak ada sesuatu yang istilah kita embel-embel karena mereka memang polos itu yang kita harapkan,” tuturnya.

“Harapan kami mudah-mudahan Bunga wakil dari SMAN 1 Tumijajar Tulangbawang barat benar-benar mewakili di komisi I yang mudah-mudahan mendapatkan ilmu tidak hanya Parlemen Remaja saja syukur-syukur nanti kalau nanti mencalonkan diri dari dapil Lampung II ini bisa jadi terpilih kemudian yang menjadi program di DPR RI bisa di bawa ke kabupaten nya,” imbuhnya.

(Sayuti)

Related posts

Pemdes Suryamataram Gelar Upacara Rutin

admin

Polsek Dente Teladas Gelar Rekonstruksi Pembunuhan Berencana, AKP Rohmadi : Sadis Cara Tersangka Membunuh Korban

admin

DPRD Prov. Lampung dan Akademisi Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Lampung Timur

admin