Monitor Ekspres
Berita umum Daerah Tulang Bawang Barat

Kesbangpol Provinsi Lampung Sosialisasi Peraturan Undang-undang Untuk Ormas di Tubaba

PANARAGAN – monitorekspres.com : Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Lampung sosialisasi Peraturan Perundangan-Undangan Bagi Ormas di Kabupaten Tulangbawang Barat.

Pelaksanaan acara sosialisasi di wisma asri tiyuh Tirta Kencana kecamatan Tulangbawang Tengah dengan tema” Melalui Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan dan Cinta Tanah Air bagi Ormas” yang di hadiri oleh perwakilan Kesbangpol Provinsi Lampung, sekretaris Kesbangpol Tubaba, polres Tubaba, serta ormas yang ada di kabupaten Tulangbawang Barat.

Pada kesempatan tersebut sekretaris Kesbangpol Mubaraq Daud menyampaikan, rasa terimakasih kepada perwakilan Kesbangpol dari Provinsi untuk menyampaikan materi-materi yang tercakup di dalam Ormas,yang mana tujuan terbentuknya ormas adalah bentuk kecintaan dan keperdulian kepada bangsa dan negara serta Pemerintahan.

Pemateri Kesbangpol Provinsi Lampung Rahmat Hariyadi mengatakan, bahwa ormas di dirikan oleh masyarakat secara sukarela, kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan dan berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan nasional berdasarkan Pancasila.

Selanjutnya dasar kebajikan ormas adalah,

  • Undang-undang nomor 16 tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan.
  • Perppu no 2 tahun 2017 tentang perubahan undang-undang no 17 tahun 2013 tentang ormas
  • Peraturan Menteri Dalam Negeri no 56 tahun 2017 tentang pengawasan organisasi kemasyarakatan di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.
  • Peraturan Menteri Dalam Negeri no 57 tahun 2017 tentang Pendaftaran dan pengelolaan sistem informasi organisasi kemasyarakatan.
  • Peraturan Menteri Dalam Negeri no. 58 tahun 2017 tentang kerjasama menteri dalam negeri dan pemerintah daerah dengan organisasi kemasyarakatan dan/ lembaga dalam bidang politik dan pemerintahan umum.

Editor dan laporan : Sayuti

Related posts

Sesuatu Yang Tidak Lazim dan Elok, Pelantikan Kabid Di Rumah Dinas Sekdakab

admin

Tak Terima Diberitakan, Ketua SMSI Terluka diserbu Massa di Markas PMI Way Kanan

admin

PHE OSES- IWO Lampung Timur Gelar Pelatihan Jurnalisme Migas

admin