Berita umum Daerah Lampung Lampung Utara

Peringati Milad Ke 75 HMI Cabang Kotabumi Gelar Diskusi Publik

KOTABUMI– monitorekspres.com. Peringati Milad Ke 75 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kotabumi menggelar kegiatan diskusi publik dengan mengangkat tema, Kontribusi Pemuda Dalam Menghadapi Bonus Demografi menuju Indonesia emas 2045.

Dalam kondisi PPKM Level 3 di Kabupaten Lampung Utara (Lampura), HMI Cabang Kotabumi selaku penyelenggara kegiatan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) ketat dengan cara 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Ketua HMI Cabang Kotabumi Riza Yasirman yang dihubungi melalui jaringan teleponya, Jumat (25/2/2022) mengatakan bahwa sanya kegiatan yang di laksanakan belum lama ini dengan tema tersebut dikarenakan sudah saatnya pemuda berperan serta dan berkontribusi nyata untuk mengahadapi bonus demografi yang akan di hadapi 2030 nanti.

“Bonus demografi merupakan suatu keadaan di mana penduduk yang masuk ke dalam usia produktif jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan penduduk usia tidak produktif dimana usia produktif yang dimaksud adalah berkisar antara 15 hingga 64 tahun,” Pungkas Reza.

Dijelaskan Reza, perlu diketahui bonus demografi dianggap hanya terjadi satu kali di setiap negara, jadi sudah sepantasnya peristiwa ini dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, karena banyak negara yang telah berhasil dan terbukti memanfaatkan bonus demografi dengan maksimal seperti Malaysia, Korea Selatan, Jepang, dan masih banyak lagi.

Salah satu manfaat yang diberikan oleh bonus demografi adalah bisa mengubah tingkat perekonomian di sebuah negara dari negara berkembang menjadi negara maju,
hal tersebut bukanlah sesuatu yang tidak mungkin terjadi di Indonesia Mengingat saat ini jumlah penduduk usia produktif lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk usia tidak produktif di Indonesia, Tambahnya.

Terdapat beberapa syarat untuk mencapai keuntungan didalam bonus demografi yaitu bisa dimulai dengan melakukan peningkatan pelayanan kesehatan, kualitas dan kuantitas pendidikan, melakukan pengendalian jumlah penduduk, dan kebijakan ekonomi demi mendukung terwujudnya fleksibilitas tenaga kerja.

“Saya berharap kepada Pemerintah Daerah khususnya dinas terkait dapat memberikan dukungan penuh guna mewujudkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang mumpuni agar terciptanya tenaga kerja yang berkualitas supaya dapat menghadapi kompetisi dikemudian hari,” tuturnya dipenghujung pembicaraan. (YR)

Related posts

Ketua Komisi III DPRD Metro Berharap Masyarakat Bersabar Tentang Perbaikan Infrastruktur Jalan

admin

Kapolres Metro Sambangi Pos Kamling dan Bersilaturahmi Dengan Kamtibmas

admin

Tim Opsnal Polsek Sungkai Selatan, Bekuk DPO Curas

admin