Monitor Ekspres
Berita umum Daerah Tulang Bawang Barat

Sejumlah Wali Murid SDN 01 Way Sido Tubaba Keluhkan Seragam Sekolah tak Kunjung di Bagikan

PANARAGAN (monitorekspres.com) – Penyelenggara Sekolah di Tiyuh Way Sido Kecamatan Tulangbawang Udik Kabupaten Tulangbawang Barat masih melakukan penarikan uang seragam sekolah, hal ini di lakukan oleh dewan guru disaat pendemi covid19, Penarikan dana seragam sebesar Rp 175.000 (seratus tuju puluh lima ribu rupiah) per siswa yang dilakukan oleh dewan guru Sekolah Dasar (SD) 01 Way Sido.

Di ketahui penarikan uang seragam tersebut di lakukan pada tahun 2021 namun sampai saat ini pada tahun 2022 belum juga di bagi kan kepada siswa nya.

disaat di konfirmasikan terhadap guru yang bernama Niken penerima dana tersebut untuk mempertanyakan mengenai baju seragam via whatsApp menjelaskan,
“pak tanya aja dengan kepala sekolah nya aja biar jelas, yang bayar sama saya hanya sekitar 10 orang aja itu juga uangnya langsung saya setorkan sama TU sekolah” ungkapnya.

Kita ketahui bersama bahwa penyelenggara sekolah dilarang untuk menarik uang seragam dari siswa. Sanksi tegas akan diberlakukan jika kepala sekolah kedapatan tidak mentaati larangan tersebut. Yakni mulai dari teguran lisan hingga sanksi berat, yaitu penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun.

Kepala sekolah yang nekat tentunya akan kami kenakan sanksi, sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah nomor 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 45/2014. Hal itu secara tegas diatur di dalam pasal 4 ayat (1) dan (2). Pasal 4 ayat (1) berbunyi ‘pengadaan pakaian seragam sekolah diusahakan sendiri oleh orangtua atau wali peserta didik’. Kemudian di dalam ayat (2) ditegaskan bahwa pengadaan pakaian seragam sekolah tidak boleh dikaitkan dengan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru atau kenaikan kelas.
(Tim SMSI)

Related posts

Pilkada Metro, Tokoh Masyarakat Titip Perbaikan Jalan ke Anna Morinda

admin

Upacara Bulanan Kasrem 043/Gatam Bacakan Amanat Panglima TNI.

admin

Jumat Bersih, Jajaran Kecamatan Limau Tanggamus Lakukan Gotong Royong

admin