Monitor Ekspres
Bandar Lampung Berita umum Lampung

Optimalkan Dana Desa Dan DAK Fisik, Menuju Lampung Berjaya

BANDAR LAMPUNG– monitorekspres.com. Bertempat di aula Semergow Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Lampung pada Hari Kamis Tanggal 17 Maret 2022 diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Dana Transfer Ke Daerah Dan Dana Desa Tahun 2022.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kanwil DJPb Provinsi Lampung Mohammad Dody Fachrudin memberikan Penghargaan Kinerja Penyaluran Dana ALokasi Fisik (DAK Fisik) Tahun 2021 Lingkup Provinsi Lampung kepada Mesuji sebagai terbaik pertama, Pemkab Pesisir Barat sebagai terbaik Kedua, dan Pemkab Lampung Tengah sebagai terbaik ketiga. Selain itu, turut diberikan penghargaan Kinerja Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021 Lingkup Provinsi Lampung kepada Pemkab Lampung Utara sebagai terbaik Pertama, Pemkab Tulang Bawang sebagai terbaik Kedua, dan Pemkab Lampung Barat sebagai terbaik Ketiga.

Realisasi Dana Desa dan DAK Fisik Terkini
Pada acara tersebut turut disampaikan realisasi penyaluran Dana Desa di Provinsi Lampung tahun 2022 (s.d. tanggal 15 Maret 2022) mencapai Rp193,71 Milyar atau sebesar 8,32% dari total pagu Dana Desa sebesar Rp2,3 Triliun. Adapun Kebijakan Penyaluran Dana Desa Tahun 2022 diantaranya Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa bersifat wajib; Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diinput berdasarkan Peraturan Kepala Desa (Perkades); Penyaluran Dana Desa tidak mempersyaratkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) mengenai rincian dana desa per desa; Persyaratan APBDesa yang semula syarat penyaluran Dana Desa Tahap II menjadi syarat penyaluran tahap I; dan Telah diatur kembali ketentuan batas waktu penyampaian syarat penyaluran Dana Desa.

Adapun ketentuan penyaluran Dana Desa TA 2022 diantaranya yakni Dana Desa disalurkan dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Desa (RKD), alokasi penyaluran Dana Desa untuk Non-BLT Desa maksimal sebesar 60% dari total pagu Dana Desa dan 40% untuk BLT. Untuk penyaluran BLT Desa disalurkan setiap triwulan, sedangkan diluar BLT Desa disalurkan 3 tahap untuk Desa Reguler dan 2 tahap untuk Desa Mandiri. Agar penyaluran berjalan dengan lancer, maka Kepala Kanwil DJPb Provinsi Lampung berpesan kepada seluruh Pemda yang juga mengikuti secara daring segera melakukan perekaman jumlah KPM terlebih dahulu, dan mengupload peraturan desa atau keputusan kepala desa mengenai penetapan KPM BLT Desa.

Sedangkan untuk alokasi DAK Fisik TA 2022 lingkup Provinsi Lampung mencapai Rp1,9 Triliun atau meningkat 8,39 % dibandingkan alokasi DAK Fisik TA 2021. ”seluruh Pemda lingkup Provinsi Lampung agar melakukan akselerasi realisasi DAK Fisik sehingga masyarakat dapat segera merasakan manfaat dari penyaluran DAK Fisik di Provinsi Lampung,”papar M.Dody Fachrudin.

Adapun DAK Fisik disalurkan Tahap I paling cepat Februari, Tahap II paling cepat April, dan Tahap III paling cepat September, sedangkan penyaluran DAK Fisik sekaligus paling cepat bulan April. Langkah-langkah strategis penyaluran DAK Fisik yang dilakukan oleh Pemda adalah Percepatan pelaksanaan lelang pengadaan barang/jasa; Segera melakukan pemenuhan persyaratan penyaluran DAK Fisik berupa (Pelaksanaan reviu APIP atas pelaksanaan DAK Fisik TA 2021, Segera melakukan penginputan data kontrak pada aplikasi OMSPAN atas DAK Fisik, Pemda agar memastikan bahwa data yag direkam dan di upload di OMSPAN telah lengkap dan benar, Pelaksanaan reviu APIP atas data-data yang telah di upload di OMSPAN oleh OPD, Upload foto atas kontrak yang mendapatkan penyaluran SP2D BUN), dan Segera mengajukan permintaan penyaluran DAK Fisik ke KPA Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa melalui aplikasi OMSPAN.

Diakhir acara Kepala Kanwil DJPb Provinsi Lampung menyampaikan kepada seluruh Pemda dan instansi terkait agar memiliki satu tujuan yang sama yakni mensejahterakan masyarakat di Provinsi Lampung melalui pemanfaatan DAK Fisik dan Dana Desa. Semoga dengan acara ini koordinasi antara Pemda, KPPN, dan Kanwil DJPb Provinsi Lampung dapat terjalin dengan baik guna suksesnya pembangunan di Provinsi Lampung demi mewujudkan Lampung Berjaya. (Fjr)

Related posts

RSUD A. Yani Kota Metro Gelar Kegiatan Sosialisai Perubahan Sistem Antrian Terintegrasi

admin

Rapat Koordinasi PD IWO Lampura Dalam Rangka Peringati HUT IWO Ke 10 Dan Pelantikan Pengurus

admin

Bupati Tulang Bawang Kembali Gelontorkan Program Bedah Rumah

admin