Monitor Ekspres
Budaya Daerah Tulang Bawang Barat

Peringati Hari Jadi Kecamatan Tuba Tengah, Federasi Adat Megowpak Tubaba Gelar Begawi Adat

PANARAGAN (monitorekspres.com) ~ Dalam rangka memperingati hari jadi kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat Lampung, Federasi Adat Megowpak (Marga Empat) Tulang Bawang Barat memberikan Anugerah Gelar Stan kepada 22 Orang dalam Prosesi Begawi Adat Marga Tegamoan.

Ketua pelaksana HUT kecamatan Tulangbawang Tengah Hendarwan menjelaskan, “HUT TBT akan di barengi begawi adat (begawi balak) megowpak marga Tegamoan, dan sebanyak 19 kepala tiyuh 2 lurah dan 1 camat akan mendapat gelar Suttan” jelasnya. Jumat 11/03/2022.

Untuk keputusan hari jadi yang ke berapa akan di putuskan dalam pepung marga pada Senin nanti 21 maret karena ada dua versi, Kalau kita bicarakan Wedana terbentuknya tahun 1945 di pimpin oleh Sarbini, kalau terbentuknya kecamatan Panaragan pada tahun 1952 yang pada saat itu camatnya Sikin, dirubah dan terbentuknya Kecamatan TBT ini pada Tahun 1972 sampai saat ini.

Di tambahkan Hendarwan “Kita patut berbangga bahwasanya khusus nya di kecamatan Tulangbawang Tengah akan di laksanakan begawi adat agar kebudayaan kita dapat di akui secara nasional maupun internasional” .

Di tempat terpisah ketua federasi adat megowpak Tubaba Hi.Herman Arta gelar Suttan Kuasa Marga mengatakan,
“Ya benar akan gelar begawi adat nanti pada tanggal 21 Pepung adat ,tanggal 22 Begawi Adat dan pada 23 Puncak acara,” ungkapnya.

Lanjutnya, sebanyak 22 orang terdiri dari Camat Tulang Bawang Tengah, Sembilan belas Kepalo Tiyuh dan Dua Lurah di kecamatan Tuba Tengah.

“Dua puluh dua orang dan 22 orang tualow anaw ini akan diberikan Gelar Stan dalam prosesi begawi adat nantinya,” ujar dia.

Dijelaskannya, pengambilan Gelar Stan kepada 22 orang ini di ambil dari dalam kekerabatan silsilah Pepadun Stan Bintang Marga Indah, Ulu Pepadun Stan Bintang Marga, Suku Tepuk Darak ,Tiyuh Panaragan, Marga Tegamoan, Marga Empat Tulang Bawang Barat.

“Jadi mereka 22 Gelar Stan ini saudara angkat saya(mewarei),” ujarnya.

Masih kata Herman Artha, pengambilan Gelar Stan ini ada proses dan Syarat yang harus terpenuhi, seperti koordinasi atas kesepakatan keluarga dalam Pepadunnya dan Prosesi Begawi Adat ini nantinya akan dilakukan penyembelihan Hewan kerbau sebanyak 2 Ekor.

Tujuannya untuk membantenkan Tiyuh-tiyuh lain selain Tiyuh Tua seperti Tiyuh Panaragan,Bandar Dewa dan Penumangan yang berada di kecamatan Tulang Bawang Tengah Marga Tegamoan maka Camat TBT, dua Lurah, 19 kepalo Tiyuh di berikan Gelar Stan.

“Untuk Mengangkat saudara 22 orang ini sudah ada rembuk di Pepadun saya sendiri, dengan Tenggaw,Siku Kanan dan Siku Kiri, jadi kepada Orang-orang yang di angkat Saudara dengan saya tidak keluar dari Pepadun yang melekat pada keturunan Masing-masing karena Gelar Stan yang kami berikan itu berlaku pada pemanggilan dari Pepadun kami,” jelasnya.

Berdasarkan hasil dari kesepakatan Pepadun Stan Bintang Marga Indah, Ulu Pepadun Stan Bintang Marga, Suku Tepuk Darak ,Tiyuh Panaragan, Marga Tegamoan, Marga Empat Tulang Bawang Barat maka perencanaan Gelar Stan sudah diberikan kepada Masing-masing Yakni:

1.Achmad Nazaruddin Stan Bandar Rajo
Liza Stan ibu Pengiyit

2.Fajar Stan Ho Penyumbang
Fitria Stan Suhunan

3.Anwar Stan Rajo Sebandar
Rustina Stan ibu Kuasow

4.Sulminadi Stan Rajo kuaso
Junaidah Stan pembina

5.Saikudin Stan Nimbang Jayo
Mardiah Stan Pengatur

6.Rilman Stan pengeran
Yuniati Stan setia

7.Prambumi Stan Sempurna Jaya
Komsiatun Stan Sembahrim

8.Kamso Stan mangku jaya
Menik Stan idaman

9.Supriyanto Stan sejajar
Yulia Stan ibu ratu

10.M.Ulin Nuha Stan penyumbang aji
Endang Stan ibu aji

11.Amrin Stan yang tuan
Munawaroh Stan Mulia

12.Rudi harto Stan Pesirah Mego
Sriyani Stan Ratu ibu

13.Hendrawan Stan jaya sempurna
Zubaidah Stan ikutan

14.Suyanta Stan Raja Asli
Ngatini Stan ibu Mulia

15.Supriyadi Stan makmur
Nurhayati Stan bahagia

16.Zainal Abidin Stan jaya ningrat
Suparyati Stan muslimah

17.Salim Stan permata Mega
Sanipah Stan permaisuri

18.Marsudi Stan turunan Mega
Juwarni Stan Hasanah

19.Suharno Stan raja Indra
Tumini Stan Indra bulan

20.Beniyansyah Stan Ngemong
Ivani Stan pujaan

21.Iskandar Stan Ngeci Mergo
Aryati Stan Angguman

22.Dwi Stan Raja Penutup
Vivi Mey Stan ibu penutup.

Terpisah, Camat Kecamatan Tulang Bawang Tengah mengatakan dalam rangka HUT TBT yang KE-77 ini nantinya banyak dilakukan kegiatan kegiatan Prosesi Adat Lampung.

“HUT TBT ini nanti kita banyak ke prosesi adat dengan menggelar begawi selama dua hari, akan di gelar di lapangan merdeka Panaragan Jaya,” kata Achmad Nazaruddin saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis(10/3/2022).

Selain Bupati, Wakil Bupati, Kapolres,Kodim/Danramil, Sekda Tubaba, Pejabat di ruang lingkup Pemkab Tubaba, para Tokoh Adat di Empat Marga nantinya kegiatan Prosesi Begawi Adat juga akan mengundang sejumlah para Tokoh yang berasal dari Marga Tegamoan seperti Berlian Tihang, Abdulrahman Sarbini (Mance).

Selain itu dirinya mengajak seluruh elemen Masyarakat untuk ikut serta memeriahkan

“Untuk panitia kita bentuk dari pejabat pemerintahan di kecamatan TBT juga melibatkan Karang Taruna dan kami minta bantuannya kepada pihak kepolisian serta TNI terutama Gugus Tugas sehingga kegiatan ini nanti bisa berjalan dengan lancar dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan,” pungkasnya.

Editor : Sayuti
Laporan : Yudhistira

Related posts

Empat Kali Curi Motor, Pria Asal Lampung Tengah Ini Diamankan Satreskrim Polres Tubaba

admin

Setelah Sempat Ditutup Perusahaan Cimory Kota Metro Kembali Beroperasi

admin

Sengketa Pilgub Kalsel, Polda Naikan Status Penyidikan

admin