Berita umum Daerah Tulang Bawang Barat

Tiyuh Pulung Kencana Tubaba, Raih Juara Tingkat Asean dalam Hal Peduli Kesehatan

PANARAGAN (monitorekspres.com) ~ Dipimpin Hendarwan sebagai Kepalo Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat, berhasil meraih juara tingkat Asean dalam hal peduli kesehatan.

Hendrawan memaparkan, dibawah pimpinannya Pemerintah Tiyuh Pulang Kencana telah melakukan kerja sama dengan BPJS Kesehatan dan PMI.
“Dengan BPJS Kesehatan berbentuk MOU, dengan kegiatan setiap hari Jum’at kami beramai mengumpulkan sampah dan dibawa ke bank sampah,” ungkapnya di Kantor Tiyuh Pulung Kencana pada Rabu 13/04/2022.

Dia membeberkan, setelah dipilah dan dipilih, ada yang harus diproses. Setelah dipilih dan diproses maka dijual dan hasil penjualan sampah dimaksud dibayarkan ke BPJS Kesehatan.
“Dalam kurun waktu dua tahun ini telah mampu membayar sebanyak 246 orang anggota BPJS Kesehatan setiap bulan, yang tergolong masyarakat kurang mampu,”jelasnya.

Lanjutnya, Sedangkan dengan PMI (Palang merah Indonesia), Pemerintah Tiyuh Pulung Kencana selalu melakukan kegiatan deteksi dini. “Kami ada kerja sama donor darah, setiap bulan tidak kurang dari lima belas kantong darah yang kami titipkan ke PMI,”ungkapnya.

Menurut Hendrawan, hal itu dilakukan dalam rangka kesiapan dan kesigapan menghadapi bila suatu saat masyarakat memerlukan darah.
“Khususnya untuk kaum Ibu yang menghadapi persalinan. Jadi ketika diperlukan darah, stok darah telah tersedia di PMI,”tuturnya.

Dengan wajah ceria Hendrawan mengatakan, bersyukur dengan bagian dari inovasi Pemerintah Tiyuh yang ia pimpin mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.
“Dari Bupati Tulangbawang Barat, Gubernur Lampung, bahkan menjuarai tingkat Asean dalam hal peduli kesehatan”. Pungkas Hendrawan dengan penuh semangat. (Tim SMSI).

Editor : Sayuti

Related posts

Kunjungan Rumah Informasi Sejarah Walikota Wahdi Sambut Senator Jihan

admin

Bawa Kabur Sepada Motor Ke Mesuji, Pria Asal Tuba Udik Tubaba ini diamankan Polisi

admin

Danlanud Pangeran M. Bun Yamin Pimpin Upacara Pembukaan Latihan Pertahanan

admin