Monitor Ekspres
Berita umum Daerah Tulang Bawang Barat

Tiyuh Pulung Kencana Tulangbawang Barat Mendapat Piagam Lencana Desa Mandiri dari Menteri Desa PDTT

PANARAGAN (MonitorEkspres.com) – Kepalo Tiyuh (Desa) Pulung Kencana Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung, berhasil mendapatkan piagam penghargaan dan Satya Lencana Desa Mandiri dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), sebagai desa mandiri.

Pemberian piagam penghargaan dan Satya Lencana tersebut, disematkan langsung oleh Pj Bupati Zaidirina, kepada Hendarwan sebagai Kepalo Tiyuh Pulung Kencana, saat acara kegiatan sosialisasi program kartu petani berjaya Kabupaten Tulangbawang Barat Tahun 2022 di Aula Ruang Rapat Pemkab setempat, Selasa (27/12/2022)

Adapun yang memproleh penghargaan ada enam Kepala Desa di Provinsi Lampung, salah satu ada di kabupaten Tulangbawang Barat

Pj.Bupati Tubaba Zaidirina, berharap dengan penghargaan yang diraih oleh Kepala Tiyuh ini bisa menjadi pemicu untuk para Kati-Kati di Kabupaten Tulangbawang Barat dalam membangun desa mandiri.

Saya harapkan menjadi pemicu Tiyuh lainnya agar semakin banyak lagi Tiyuh yang mandiri. Semoga tahun mendatang, lebih banyak lagi Kepalo Tiyuh yang mendapatkan penghargaan ini,” ujar Zaidirina.

Hal diketahui, berdasarkan Udang-undang Nomor 6 Tahun 2014, bahwa desa mandiri adalah desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas/transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik.

Selain itu, desa mandiri memiliki IPD (Indeks Pembangunan Desa) lebih dari 75. Hitungan IPD dilakukan Kementerian Desa. Definisi dari IPD adalah suatu ukuran yang disusun untuk menilai tingkat perkembangan atau kemajuan desa pada suatu waktu.

Lanjut Zaidirina, tak hanya Tiyuh mandiri, dirinya juga menekankan agar untuk Tiyuh anti korupsi juga semakin banyak di Kabupaten Tulangbawang Barat dan diharapkan di setiap kecamatan ada mewakili satu Tiyuh anti korupsi.

Di tempat terpisah Kepalo Tiyuh Pulung Kencana Hendarwan mengucapkan terimakasih kasih dengan telah diberikan kepada Tiyuh Pulung Kencana sebagai Tiyuh Mandiri.
Ucapan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Tulangbawang Barat khususnya Bapak Menteri PDTT yang telah memberikan piagam lencana Desa Mandiri kepada Tiyuh kami, semoga ini akan memicu kami untuk meningkatkan dan berkarya lebih baik lagi kedepannya,” pungkasnya Hendarwan.

Editor : Sayuti
Reporter : Yudhistira

Related posts

Federasi Adat Marga Empat Adakan Silaturahmi dan Peppung Adat dengan Forkopimda Tubaba

admin

Tinjau Proyek Pembangunan Infrastruktur, PJ. Bupati Tubaba Tekankan Mutu dan Kualitas

admin

Cegah Gangguan Kamtibmas, Kapolres Lampung Utara Pimpin Patroli Bermotor

admin