Monitor Ekspres
Berita umum Daerah Tulang Bawang Barat

Kapolres Tubaba Cek Ratusan Senpi dan Kondisi Ranmor Dinas, ini Tujuannya

PANARAGAN (MonitorEkspres.com) – Baru beberapa hari menjabat Kapolres Tulangbawang Barat AKBP Ndaru Istimawan, bersama Wakapolres dan PJU Polres melakukan Pengecekan Senjata Api dan Kendaraan Dinas Polri yang digelar di Lapangan Apel Polres setempat, Sabtu (14/01/2023).

Kendaraan Dinas yang di Periksa diantaranya Roda Dua sebanyak kurang lebih 112 Motor Bhabinkamtibmas dan Ran Patroli, untuk Roda Empat sejumlah 20 Unit dan Roda Enam ada 1 Unit.

Untuk jumlah Senjata Api yang ada di daftar sebanyak 218 Pucuk Laras pendek dan 56 pucuk Laras panjang, akan tetapi hanya 46 Pucuk Senjata Laras Pendek yang dilakukan pemeriksaan, sedangkan sebanyak 140 Pucuk masih berada di Gudang Logistik karena masih menunggu perpanjangan kartu Izin, sedangkan sisanya tidak hadir karena sedang melaksanakan Tugas Dinas.

Sebanyak 45 Senjata Api Laras Pendek telah di cek, 140 Pucuk lagi berada di Gudang Logistik karena Perpanjangan Kartu Izin nya masih dalam Proses, dan sisanya belum di cek karena Personil yang memegang Senjata tersebut masih melaksanakan Tugas Dinas.

Kapolres AKBP Ndaru Istimawan, menyampaikan bahwa pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan serta kelayakan senjata api dan kendaraan dinas milik Polri khususnya Polres Tulang Bawang Barat agar dapat digunakan untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.

Aspek kelayakan kendaraan baik mobil dinas maupun sepeda motor dinas harus berfungsi maksimal untuk menunjang pelaksanaan tugas kepolisian, jelasnya.

Dengan adanya pengecekan ini dapat diketahui kondisi kelayakan senjata api dan kendaraan dinas dalam mendukung pelaksanaan tugas di lapangan oleh seluruh Aparat Kepolisian, dan diketahui kendala atau kerusakannya, untuk itu pengecekan akan dilakukan secara rutin dan berkala,” ucap AKBP Ndaru Istimawan,

Dari hasil pengecekan di Lapangan Apel Polres ini secara umum seluruh kondisi senjata api dan Kendaraan Dinas Polri Polres Tulangbqawang Barat masih bagus, walaupun ada beberapa kendaraan yang keluaran lama namun berkat perawatan rutin masih layak digunakan untuk menunjang tugas, jelas Kapolres.

Anggota yang diizinkan untuk memakai senjata api dinas sudah teruji melalui berbagai macam tes, termasuk diantaranya tes psikologi, sehingga dapat dipastikan bahwa pemegang senpi dinas sudah dinyatakan lulus dan layak menggunakan senjata api untuk kepentingan dinas.

Dan untuk anggota yang dipercaya mengendarai kendaraan dinas diharapkan lebih open dalam merawat sehingga apabila ada kendala dapat segera konsultasi dengan pimpinan atau Bagian Logistik untuk dilaksanakan perbaikan, sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” tutup Kapolres. (**)

Editor : Sayuti
Laporan : Yudhistira

Related posts

Dorong Visi Misi, Pemdes Surya Mataram Gelar Pertemuan

admin

Program Ketua TP-PKK Tubaba, Seluruh Kader PKK Diminta Aktif Bersinergi Dengan Pemerintahan Tiyuh

admin

Kabupaten Pesawaran Lampung Terima Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Tahun 2023

admin