Monitor Ekspres
Berita umum Daerah Tulang Bawang Barat

PJ Bupati Tulangbawang Barat, Sinergikan Anggaran Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Dana Desa

PANARAGAN (MinitorEkspres.com) – Bagaimana kita mensinergikan anggaran yang ada di Pusat, APBD Propinsi, APBD Kabupaten, dan Dana Desa, untuk beberapa program yang kita jalankan. Bagaimana pertumbuhan ekonomi kita bisa tinggi karena sekarang sudah lepas dari Darurat Covid. Kemudian Stanting kita Alhamdulillah dari 22.1 persen, sekarang sudah menjadi 16.4 persen, karena target pusat adalah 18 pesen Kabupaten Tulangbawang Barat di bawahnya, target kita pada tahun 2023 ini dapat di bawah 10 persen karena target pemerintah pusat pada tahun 2024 nanti 14 persen.

Disampaikan PJ Bupati Tulangbawang Barat Zaidirina saat diwawancarai setelah membuka Musrenbang kecamatan Tumijajar, yang di pusatkan di Balai Tiyuh Daya Asri, Kamis (26/01/2023)

Lebih lanjut PJ Bupati mengatakan, terkait dengan kemiskinan baik itu kemiskinan biasa maupun kemiskinan ekstrim, itu harus diselesaikan dan sekarang indikator kita di tahun 2022 ada perbaikan, IPM kita naik, kemiskinan dan Stanting kita turun signifikan.

Untuk ketahanan pangan ini ada Dana Desa sebesar 20 persen ini kita sinergikan dengan program di APBD Kabupaten yaitu program keluarga Nenemo Mandiri Pangan, 3K, Kolam, Kandang, Kebun di tambah dengan Wisata, kemudian kita akan membangun sentra ternak dan Rumah Sakit Narkoba Yustisi yang nantinya akan menambah Pendapatan Asli Daerah Kabupaten kita ini,” papar Zaidirina.

Musrenbang dan Rembuk Stanting yang dibuka langsung oleh Camat Tumijajar Herwan Syahroni dihadiri PJ Bupati Tubaba Zaidirina, Asisten I, Kadis PPKB, Disdukcapil, Kadis Sosial, perwakilan dari PUPR, Pejabat Eselon II dan III, Kepalo Tiyuh Se- Tumijajar, Tokoh masyarakat dan para undangan lainnya. (unsur stakeholder pembangunan Kabupaten Tubaba yang ikut berpartisipasi dalam forum Musrenbang 2023).

Hari ini kita melaksanakan Musrenbang dan Rembuk Stanting Tahun 2023. Ini merupakan kegiatan tahunan untuk mendapatkan masukan, informasi dan klarifikasi sebagai prioritas kegiatan pada hasil Musrenbang tingkat Tiyuh sehingga dapat kesimpulan untuk pembangunan dan kemajuan Kecamatan Tumijajar Tahun 2023,“ ungkap Camat Herwan Syahroni.

Editor : Sayuti
Reporter : Yudhistira

Related posts

Bupati Tulang Bawang Hadiri Pisah Sambut Dandim 0426/ TB

admin

Upacara Pembuakaan TMMD Reguler ke 117 Kodim 0412/ LU di Desa Bojong Barat

admin

Pemkab Lampung Utara Terima 5.160 Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

admin