Monitor Ekspres
Daerah Hukum Tulang Bawang Barat

Sudirwan Soroti Pencabulan Terhadap Santriwati di Tubaba, Minta Kepolisian Beri Efek Jera

Gambar Ketua Komisi I dan Ketua komisi II DPRD Tubaba – MonitorEkspres.com/Yudhistira

PANARAGAN (MonitorEkspres.com) – Ketua Komisi II DPRD Tulangbawang Barat, Sudirwan mengaku cukup prihatin dengan maraknya kasus pencabulan yang melibatkan tokoh agama dan santriwati yang belakangan ini terjadi di Tulangbawang Barat.

Ia pun berencana akan memanggil Kementerian Agama (Kemenag) Tubaba dalam waktu dekat untuk melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) guna mencari solusi atas kasus yang mencoreng dunia pendidikan agama.

Kami sangat prihatin sekali terhadap kasus pencabulan terhadap santriwati kita. Terlebih di Pondok pesantren, dan kerab terjadi di pondok, ini harus menjadi perhatian penting bagi Pemda dan mitra terkait, yakni Kemenag,” kata Sudirwan saat berbincang bincang di ruang kerjanya bersama Ketua Komisi 1 Yantoni

Menurut Sudirwan, setidaknya pihak terkait bisa menelusuri dan mendata serta mencari pondok pesantren di Tubaba untuk diberikan sosialisasi dan edukasi kepada santri-santrinya.

Yang tidak kalah penting adalah aparat penegak hukum agar dapat memberikan efek jera kepada pelaku. Jika ada sanksi yang tegas maka dapat menjadi contoh agar kejadian yang serupa tidak terjadi kembali,” ucapnya.

Politisi Hanura ini meminta agar ada upaya pencegahan dari Pemda dan Kemenag. dengan melakukan pendataan dan mensosialisasikan pondok pesantren di Tubaba sehingga diregistrasi dengan baik dan memenuhi persyaratan.

Jadi jangan ada lagi yang mengatasnamakan pondok pesantren tapi tidak diregistrasi dan tidak jelas keberadaannya,” kata dia.

Selain itu lanjut Iwan, untuk orang tua juga dihimbau dapat lebih teliti memasukan anak-anaknya ke lembaga pendidikan agama ke pesantren yang teregistrasi oleh Kemenag.

Jadi harus dicek betul-betul kebenarannya bahwa Ponpes tersebut teregistrasi oleh Kemenag. Kalau Ponpes itu teregistrasi dan terdata oleh Kemenag saya yakin pasti terbina atau terkontrol. Jadi ini menjadi tugas kita bersama,” ucapnya menutup perbincangan.

Editor : Sayuti
Reporter : Yudhistira

Related posts

Bupati Umar Ahmad Perkenalkan Potensi Wisata, Berbagai Hasil Alam, Kerajinan, dan Potensi Seni Tradisional

admin

Bertebaran Baliho Sekda Dian Diduga Alat Peraga Kampanye, Agung Sulistio ” Hati-hati ASN Harus Netral

admin

Danlanud BNY Ikuti Rapim TNI-POLRI Wilayah Lampung

admin