Monitor Ekspres
Berita umum Daerah Lampung Metro

Kepala Bappeda Provinsi Lampung Buka Musrenbang RKPD 2024 Kota Meto

METROMonitorekspres.com. Kepala Bappeda Provinsi Lampung mewakili Gubernur Lampung membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2024 Kota Metro. Dengan tema  “Peningkatan Produktivitas Ekonomi dan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Pembangunan Berkelanjutan. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Sessat Agung Bumi Sai Wawai Kota Metro Provinsi Lampung, Rabu (08/03/2023).

Kepala Bappeda Provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan, M.T. bacakan sambutan Gubernur Lampung, bahwa patut kita syukuri, berbagai upaya yang dilakukan pemerintah dalam penguatan ekonomi pasca pandemi, dapat dilihat dari berbagai capaian indikator pembangunan yang menunjukkan trend positif.

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung tahun 2022 bergerak naik, tumbuh positif 4,28% jauh lebih baik dibanding di Tahun 2021 yang hanya mencapai 2,79%. PDRB per kapita sebesar Rp. 45,13 juta. Struktur PDRB Provinsi Lampung masih didominasi oleh 3 (tiga) sektor unggulan yaitu pertanian, perdagangan dan industri pengolahan. Inflasi masih terkendali dan cukup stabil pada level 5,51%. Sedangkan Pertumbuhan ekonomi Kota Metro tahun 2022 sebesar 4,51% tumbuh positif dibanding tahun 2021 yaitu sebesar 2,91%.

Tingkat kemiskinan Provinsi Lampung di tahun 2022 sebesar 11,44% turun dari 11,67% pada tahun 2021. Angka Kemiskinan Kota Metro tahun 2022 lebih bagus dibanding Provinsi Lampung yaitu sebesar 7,87%.

Pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia ditunjukkan dengan angka IPM, pada Tahun 2022 Provinsi Lampung mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan sebesar 0,55 menjadi 70,45. IPM Kota Metro Tahun 2022 sebesar 77,89 yang masuk kategori Tinggi.

Sementara Walikota Metro dr. Wahdi Siradjuddin, Sp OG (K), M.H. mengatakan, bahwa pada musrenbang kota, untuk perencanaan pembangunan pada tahun 2024 dengan tematik peningkatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pembangunan sumber daya manusia menuju keberlanjutan.

Dengan mendengar aspirasi dari masyarakat, jadi aspiratif ada juga bersifat teknokratik. Jadi yang ada di masyarakat yang disampaikan, kemudian dilakukan pengkajian. Sehingga bisa menyimpulkan apa saja yang menjadi skala prioritasnya, didasari juga dengan visi misi dan program yang ada.

“Maka, di tahun 2024 ini akan kita kelola dengan sebaik-baiknya. Untuk di tahun 2023 ini kita pada penguatan infrastruktur, mulai dari jalan, sistim drainase terpadu terintegrasi, dan pengelolaan tata kelola,” katanya.

Dirinya mengungkapkan, untuk anggaran yang digelontorkan guna peningkatan jalan sebesar lima puluh. “Untuk peningkatan jalan dianggarkan sebesar lima puluh, kalau untuk keseluruhannya nanti tanya saja langsung dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), karena saya tidak terlalu hapal. Tapi masih ada infrastruktur lainnya, bukan hanya jalan saja,” ungkapnya. (Arwan)

Related posts

Rutan Menggala Gelar Upacara Kenaikan Pangkat

admin

DPC PPWI Pesawaran Gelar Rapat Persiapan Bulan Bakti Sosial HUT PPWI Ke 16

admin

Pasien Corona di Metro Bertambah, Nasir AT : No 5 Juga Anggota Polri

admin