Monitor Ekspres
Berita umum Daerah Tulang Bawang Barat

MAN 1 Tulangbawang Barat Wisuda Tahfidz Qur’an Angkatan Ke-2

PANARAGAN (MonitorEkspres.com) – Wisuda Tahfidz Qur’an angkatan ke 2 peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Tulangbawang Barat, yang berlangsung di Aula Kampus Spektrum atau GSG MAN 1 Tubaba, Kamis (22/6/2023).
Kegiatan Wisuda Tahfidz yang diselenggarakan pada hari ini berhasil mewisuda 25 siswa, sehingga sangat menguras emosi para tamu yang ikut menyaksikan, terlebih disaat para peserta didik tersebut memakaikan mahkota kepada orang tuanya masing-masing.

Pemakaian mahkota merupakan simbolisme imbalan Allah SWT di akhirat nanti, yaitu anak yang menghafal Al-Qur’an akan memakaikan mahkota cahaya kepada kedua orang tua dan menyelamatkan mereka dari panasnya api neraka dan juga sebagai tanda kemuliaan serta keistimewaan bagi para penghafal Al-Qur’an.

Tujuan diselenggarakannya wisuda ini adalah untuk mendorong dan memotivasi seluruh siswa/i Man 1 Tubaba agar semangat dalam menghafal alquran.

Dalam sambutannya, H.Imam Kahfi sebagai kepala sekolah MAN 1 Tubaba menyampaikan,
banyak orang beranggapan bahwa menghafal Al Qur’an bisa menjadi beban, padahal sebenarnya menghafal Al Qur’an memiliki banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah dapat meningkatkan prestasi belajar anak di sekolah. Menghafal Al Qur’an atau biasa dikenal dengan tahfidz memiliki dua hal yang harus dipenuhi, yakni hafal dalam ingatan dan bisa mengucapkannya kembali diluar kepala tanpa membaca Al Qur’an atau catatan lain.

Anak yang terbiasa dalam menghafal Al Quran, secara tidak langsung dia akan lebih bisa berdisiplin dan mengatur waktu, anak akan belajar keseriusan dalam menjalani hidup. Menghafal Al Quran mempunyai pengaruh yang baik dalam pengembangan ketrampilan dasar siswa sehingga bisa meningkatkan prestasi akademik mereka.
Dalam kegiatan Wisuda Tahfidz yang diselenggarakan pada hari ini berhasil mewisuda 25 siswa
,” tutur Imam.

Selamat kepada anak-anak yang berhasil diwisuda, kami sangat bangga pada kegiatan tahfidz ini. Dan semoga kedepannya akan semakin banyak siswa yang berhasil menghafal Al Qur’an sesuai target,” lanjutnya.

Sementara itu, orang tua dari tahfidz asal MAN 1 Kabupaten Tubaba, saat diwawancarai awak media mengungkapkan, segala sesuatu yang telah terjadi adalah ketetapan Allah, menghafal Al-Qur’an dalam waktu singkat secara manusiawi itu sangat sulit, namun berkat kekuasaan Allah dibukakan pintu hati dan pikiran anak-anak itu, sehingga bisa menghafalkan ayat demi ayat dengan mudah.

Tentunya kami sebagai orang tua sangat terharu dan bangga dengan capaian anak-anak kami ini. Karena menghafalkan ayat demi ayat Alqur’an secara manusiawi itu berat, namun tidak dapat dipungkiri lagi bahwa ini adalah Qadarullah,” tutur orang tua Tahfidz.

Editor : Sayuti
Reporter : Yudhistira

Related posts

Pesan PJ.Bupati Tubaba Saat Melantik 8 Pj Kati dan 1 Kati PAW, Jaga Kepercayaan dan Amanah

admin

Kepala Bappeda Provinsi Lampung Buka Musrenbang RKPD 2024 Kota Meto

admin

Ardian Saputra Cawabup Lampura Sapu Bersih Penghitungan Perolehan Suara

admin