Monitor Ekspres
Berita umum Daerah Lampung Tanggamus

Diduga Pemasangan Bronjong di Desa Pekon Ampai Asal Asalan

TANGGAMUSMonitorekspres.com. Bronjong merupakan anyaman kawat baja yang dilapisi dengan seng atau galvanis dan akan membentuk sebuah kotak atau balok serta bagian dalamnya diisi dengan batu-batu berukuran besar untuk mencegah erosi biasanya dipasang pada area tebing atau tepi sungai dan berfungsi juga untuk mengatasi gerusan akibat arus sungai. Karena kekuatan kawat baja ini cukup tinggi maka untuk menganyam dan membentuknya membutuhkan tenaga mesin.

Fungsi bronjong di antaranya adalah melindungi dan memperkuat struktur tanah di sekitar tebing agar tidak terjadi longsor, tepi sungai, dan tepi tanggul. Bronjong juga bisa digunakan sebagai pembentuk bendungan untuk meningkatkan volume air sungai dan pemasangan bronjong ini tepatnya ada di desa Pekon Ampai , Kecamatan Limau , Kabupaten Tanggamus ,Jum’at
11/08/2023.

Menurut beberapa masyarakat sungguh sangat miris pemasangan Bronjong ini ,”Jelas kami sangat kecewa
Pasalnya di duga kawatnya tidak sesuai dengan prosedur yang ukuranya kecil
serta pemasangan batunya pun banyak yang kecil kecil ,” tegas warga.

Munculnya dugaan tersebut, kita lihat materialnya saja, seperti batu yang terpasang tidak beraturan, Batu terpasang yang seharusnya, sesuai dengan ukuran akan tetapi yang kita temukan di lapangan tidak sesuai dengan ukuran tersebut. Jika terus dibiarkan, kualitas dan mutu proyek sangat diragukan.

Kami selaku dari Lembaga LPKAN RI Projamin langsung terjun ke lapangan melihat pekerjaan pemasangan Bronjong tersebut sungguh sangat miris pembuatannya di diduga asal pemasangan dan miring, kami pun meminta konfirmasi dengan pengawas atau mandor namun sangat di sayangkan tidak ada di tempat pekerjaan tersebut.

Dari salah satu warga yang namanya enggan disebutkan saat kami konfirmasi atas pemasangan boronjong ini apakah sudah sesuai dengan rap rap yang sudah ditentukan dan dengan tegas dia
menerangkan ,” tidak sesuai pak ,”ujar nya , dan pula batunya banyak batu batu kecil yang dipasang kan,” tutup nya. (Dayat)

Related posts

Ringankan Korban Kebakaran, Pemerintah Tiyuh Gunung Katun Tanjungan Tubaba Berikan Bantuan

admin

Transaksi Narkoba di Rumah, Warga Gunung Menanti Tumijajar Tubaba Ini Ditangkap Polisi

admin

Pembangunan Rabat Beton Desa Leuwibalang Tidak Sesuai Papan Informasi

admin