Monitor Ekspres
Berita umum Daerah Tulang Bawang Barat

Program Jaga Tiyuh di Kecamatan Tulangbawang Udik Tubaba, Kajari Lebih Dekat Dengan Masyarakat

TBU (MonitorEkspres.com) –Adanya program Jaga Tiyuh Kajari lebih dekat dengan masyarakat dan melahirkan rasa tenang dan terayomi pada aparatur Tiyuh.
Hal itu terungkap dari beberapa Kepalo Tiyuh di Kecamatan Tulangbawang Udik saat istirahat usai sosialiasi program Jaga Tiyuh untuk tiga Tiyuh, Gunungkatun Tanjungan, Gunungkatun Malai dan Tiyuh Gedung Ratu, yang dilaksanakan di Balai Tiyuh Gunungkatun Tanjungan
Kecamatan Tulangbawang Udik.
Selasa (05/09/2023).

Usai acara makan bersama segenap Aparatur dari tiga Tiyuh di rumah kediaman Laily Kepalo Gunungkatun Tanjungan.
Suasana santai nampak begitu akrab dalam kewajaran antara aparatur Tiyuh, Camat, Kadis PUPR, Jaksa dan Kajari seakan tidak batasan.

Kajari Tulangbawang Barat, SRI Haryanto SH,MH, dalam suasana itu kepada awak media mengungkapkan, dalam sosialisasi pihaknya memberikan rambu-rambu aturan agar pemerintahan di Tingkat Tiyuh tidak menabrak aturan yang berlaku.
Aparatur Tiyuh di Kecamatan Tulangbawang Udik nampak sangat antusias mengikuti sosialisasi.
Hari ini adalah putaran jadwal terakhir sosialisasi di Kecamatan Tulangbawang Udik.”
ujar pria yang suka humor ini dengan nada serius.

Dalam kesempatan yang sama,
Iwan sebagai Camat Tulangbawang Udik menuturkan, Kajari telah memberikan ruang khusus untuk seluruh Kepalo Tiyuh guna konsultasi bagi seluruh Kepalo Tiyuh di Kabupaten Tulangbawang Barat.

Sesuai dengan adanya MOU antara Kejaksaan dan Pemerintah Tiyuh. Bahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Tulangbawang Barat juga menjalin MOU dengan Kejaksaan.”kata dia.

Menurut Iwan, dengan adanya MOU dengan Kejaksaan, perangkat Tiyuh merasa dekat dengan Kejaksaan dan tidak enggan untuk konsultasi tentang terlaksana penyerapan dan pengalokasian Dana Desa agar tidak menyalahi aturan.
Dengan begitu akan maka akan rasa terayomi pada diri perangkat Tiyuh, sehingga diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik dan benar.”harap Iwan.

Laily, Kepalo Tiyuh Gunungkatun Tanjungan, tetap se-alur dalam penuturannya, Program jaga Tiyuh merupakan program yang baik untuk aparatur Tiyuh dan masyarakat.
Dengan adanya program Jaga Tiyuh, aparatur Tiyuh dapat menggunakan Dana Desa dengan baik sesuai aturan dan tidak bertentangan dengan hukum. Dengan pengunaan atau alokasi Dana Desa yang tepat tentu akan sangat membantu mendongkrak kesejahteraan masyarakat.”ungkap Laily.

Sedangkan Juaini Bandarsyah sebagai Kepalo Tiyuh Gedung Ratu berterima kasih karena dengan adanya sosialisasi pada program Jaga Tiyuh.
Dari sosialisasi itu dapat memahami dan lebih tau mengalokasikan Dana Desa, sehingga lebih tepat sasaran dan tepat guna.”kata dia.

Ditempat sama, Saidan Kepalo Tiyuh Gunungkatun Malai, lebih khusus menganggap penting adanya sosialisasi program Jaga Tiyuh, sebab sosialisasi tersebut membahas mengenai Dana Desa, agar tidak terjadi kesalahan melanggar undang-undang dalam menganggarkan Dana Desa.
Seluruh aparatur Tiyuh Gunungkatun Malai hadir mengikuti sosialisasi dan insya Allah semua aparatur Tiyuh kami telah dapat memahami dengan baik.”jelas Saidan.

Masih dalam suasana kesempatan yang sama, Rita Utari Penjabat Kepalo Tiyuh Karta Raya yang saat itu turut hadir mengatakan, dengan adanya program Jaga Tiyuh komunikasi antara perangkat Tiyuh dengan Kejaksaan lancar.
Dengan mengenal Kajari, bila ada hal mengenai hukum yang kurang dipahami, maka tidak segan untuk konsultasi.
Alhamdulillah pendekatan Pak Kajari terhadap masyarakat Tulangbawang Barat sangat baik terutama terhadap masyarakat Kecamatan Tulangbawang Udik. Dan momen ini selain konsultasi sekaligus kami jadikan momen untuk belajar.” tutup Rita.

Editor : Sayuti
Reporter : Yudhistira

Related posts

Sadiaga Uno Akan Jadwalkan Temui GenPi Provinsi Lampung

admin

Wujudkan Kepuasan Dan Kepercayaan Dalam Pembuatan SIM Di Polres Tubaba

admin

Dalam Rangka Optimalisasi dan Efektivitas Kinekerja, Pemkab Tubaba Melakukan Penyesuaian dan Penataan Kembali OPD

admin