Monitor Ekspres
Berita umum Daerah Tulang Bawang Barat

Pemkab Tubaba Dorong Kemitraan Tebu Rakyat

PANARAGAN (monitorekspres.com) – Dalam rangka memfasilitasi Pendampingan Kemitraan Tebu Rakyat, Dinas Pertanian Tubaba Bersama Kelompok adakan pertemuan yang berlangsung di Balai Tiyuh Mulya Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kamis 16/12/2021.

Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) juga mendorong petani untuk menjalin kemitraan pengembangan tanaman tebu dengan perusahaan gula.

Kepala Dinas Pertanian Tubaba, Syamsul Komar, mengatakan bahwa pengembangan tanaman tebu cukup menjanjikan, karena komoditas ini memiliki patokan harga dasar.

“Kenapa tebu ini dinilai sebagai tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi? Karena harganya memiliki ketetapan dari pemerintah. Selain itu Kabupaten Tulang Bawang Barat dikelilingi oleh perusahaan-perusahaan gula skala nasional sehingga tidak perlu khawatir dan ragu untuk membudidayakan komoditas ini,” demikian kata dia.

Saat ini, lanjut Syamsul Komar, tebu merupakan komoditas perkebunan nomor tiga di Tubaba setelah karet dan kelapa sawit.

Ditambahkannya, kegiatan mempertemukan petani dengan pihak perusahaan yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Tubaba adalah wujud peran serta pemerintah untuk memfasilitasi bagaimana petani yang ingin membudidayakan tebu dapat bertemu langsung dengan calon mitra usahanya. “Yang harus ditekankan dalam pola kemitraan adalah bahwa apabila bermitra maka prinsipnya harus sama-sama untung,” tegas Syamsul Komar.

Sementara itu, Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Tubaba, Catur Prastiwi, menjelaskan, banyak petani yang berminat mengikuti kemitraan tebu. Sekitar 50-an peserta hadir pada pertemuan yang digelar kemarin itu.

Senior Officer Divisi Kemitraan PT GMP, Lanjar Widodo, mengajak petani di Tubaba untuk bermitra dengan PT GMP. “Ada beberapa pola kemitraan yang bisa dijalankan,” ungkapnya.

Editor : Sayuti

Related posts

Wabup Tubaba Fauzi Hasan Hadiri Acara Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Award

admin

Siaran Pers Puncak HPN 2021 STRATEGI 10 BUPATI WALIKOTA PENERIMA ANUGERAH KEBUDAYAAN PWI

admin

Tolong Warga yang Terkena Serangan Jantung, Bripka. Sigit Prabowo Mendapat Penghargaan dari Ombudsman RI

admin