Berita umum Daerah Tulang Bawang Barat

Dimeriahkan Dengan Seni Budaya HUT Tiyuh Toto Wonodadi Tubaba

BATU PUTIH (MonitorEkspres.com) ~ Tiyuh/Desa Toto Wonodadi, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung merayakan hari ulang tahun Ke – 37 tahun 1985 – 2022, 11 Juli 2022 di meriahkan dengan hiburan Grup Seni Budaya Erlangga Tri Budoyo dan Wayang Kulit, 26 – 27 Juli 2022.

Kepalo Tiyuh Toto Wonodadi Ali Husin pada sambutannya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua unsur baik Kasi, Kaur, Panitia dan warga Tiyuh Toto Wonodadi atas terlaksana nya acara Hut Tiyuh, “HUT ini bisa berjalan dengan lancar hingga sampai pada saat ini, mungkin tanpa musyawarah dan kerjasama dan kekompakan Warga Toto Wonodadi tidak akan semeriah ini. Dan tidak lupa saya ucapakan terima kasih seluruh tamu undangan yang sempat hadir walaupun suasana sedikit mendung dan cuaca sempat hujan rintik rintik, ” papar Ali Husin.

Mewakili Tokoh masyarakat Eko Prasetio mantan Kepalo Tiyuh Ke – 3 (2007 – 2012) pada sambutannya, bahwa awal pembukaan tiyuh pada tahun 1985 dan di penitip pada tahun 1993 “Alhamdulillah dari dimekarkannya Tiyuh Tito Wonodadi hingga kepemimpinan Pak Ali Husin Tiyuh kita ini semakin maju dan berkembang dari berbagai sektor baik pembagunan fisik dan non fisik, baik bersumber dari APBN atau APBD,” ungkapnya.

Warga sangat mengapresiasi Kepalo Tiyuh atas pelaksanaan HUT Tiyuh dan berharap acara ulang tahun Tiyuh bisa dilaksanakan setiap tahunnya, “misalnya dengan hiburan seni dan pengajian, kami sangat mendukung secara penuh karena ini acara yang sangat positif HUT Tiyuh dan Ruwat Tiyuh,” ungkap salah satu warga.

Dalam acara HUT Ke 37 dihadiri beberapa unsur Baik Camat, Polsek, Babinsa, Kepalo Tiyuh dan yang mewakili Se-kecamatan Batu Putih

Sekelumit sejarah Tiyuh Toto Wono Dadi sebelum difinitif dari zaman dahulu terkenal dengan hasil pertanian dan persawahan karena tanah di Tiyuh Toto Wonodadi sangat subur dengan hasil pertanian dan persawahan  yang sangat melimpah oleh  karena  itu kehidupan masyarakat bisa di katakan makmur.

Tiyuh Toto Wonodadi merupakan Tiyuh pemekaran dari Tiyuh Toto Katon yaitu pada tahun 1993
Asal mula pemberian Nama Tiyuh Toto Wonodadi bermula dari hasil musyawarah dari para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Masyarakat.

Dari hasil musyawarah tersebut menghasilkan mufakat dan di putuskan dengan Nama Tiyuh Toto Wonodadi  yang mempunyai makna Toto Wonodadi (Menata Hutan Jadi) Sehingga Toto Wono Dadi memiliki arti, “MENATA HUTAN MENJADI TIYUH/DESA”. 

Berikut Ini Silsilah Kepemimpinan Tiyuh/Desa Toto Wono Dadi  

  1. Bp. WARLI dari Tahun 1995 s/d 2000
  2. Bp, AMIR  dari Tahun 2001 s/d 2006
  3. Bp. EKO PRASETIYO dari Tahun 2007 s/d 2012
  4. Bp. I GUSTI KETUT SUGANA Tahun 2013 s/d 2018
  5. Bp. ALI HUSIN dari Tahun 2019 s/d sampai sekarang.

Editor : Sayuti
Reporter : Yudhistira

Related posts

Polres Tubaba Laksanakan Apel Gabungan dalam Rangka Operasi Keselamatan Krakatau 2021

admin

Kurang Dari Dua Jam, Pelaku Pembunuhan di Bukit Kemuning Diamankan Polisi

admin

Pembangunan Sanitasi di SMPN I Pesawaran Bernilai Ratusan juta Banyak Kejanggalan

admin