Monitor Ekspres
Headline Metro

Walikota Wahdi : IPLM di Kota Metro Mencapai 96,2 pada Tahun 2024

METRO//Monitor ekspres.com – Pemkot Metro gelar kegiatan panggung apresiasi pejuang pendidikan diselenggarakan diTugu MetrmTaman Merdeka Kota Metro yang dihadiri oleh Walikota dan Wakil Walikota metro ,sekda,Ka.BKPSDM, kadis Dikbud,Kadis Perusarda,Kadis Porapar,Kadis Kominfo,
Rektor universitas IAIN, Rektor UM dan Bunda Literasi Kota Metro,serta para tamu undangan .Minggu (01/09/2024).

Dalam Penyampaiannya Walikota metro Menyatakan bahwa, Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) di Kota Metro mencapai 96,2 pada 2024, dan merupakan yang tertinggi, tidak hanya di Lampung, tetapi juga di Indonesia. Hal ini menjadi cermin masyarakat Kota Metro yang cerdas dan berbudaya.

“Sebuah literasi, tidak hanya membaca, tetapi juga mendengarkan, menulis, menggambar, membaca, berjalan, dan lainnya. Tidak terbatas ruang, artinya sangat luas. Untuk literasi, maka diperlukan cara berfikir, bisa membedakan baik dan buruk. Sehingga maju dan berbudaya,” ujar Wahdi.

Menurutnya, pada titik tertinggi literasi bisa menghilangkan etnosentrisme atau sikap dan pandangan yang menganggap kebudayaan sendiri lebih baik daripada kebudayaan lain.

“Mengilangkan semua perbedaan. Tidak ada yang bisa memilih lahir dari suku apa, artinya tidak berbicara seperti itu lagi karena memang Tuhan menciptakan semuanya itu sama,” imbuh Wahdi.

Pemkot Metro sendiri terus memfasilitasi minat baca masyarakat seperti melalui program dan upaya pengembangan perpustakaan daerah.

Minat baca merupakan sumber motivasi yang sangat penting, berkaitan dengan kemampuan analisa dan daya ingat.

Tingginya minat baca bakal mempengaruhi wawasan, mental dan perilaku seseorang. Gemar membaca menjadi kunci untuk berdaptasi dengan perkembangan global dan acuan indeks pembangunan SDM.

Beberapa indikator penilaian yang membuat IPLM Kota Metro menjadi tertinggi di Provinsi Lampung antara lain pemerataan layanan perpustakaan, ketercukupan koleksi, ketercukupan tenaga perpustakaan, dan kunjungan masyarakat. (Arwan)

Related posts

Bacalon Walikota Metro Wahdi Siradjuddin Sudah Menerima Dukungan Dari 2 Partai Politik

admin

Curi HP, Remaja 19 Tahun Di Tangkap Polisi

admin

DPRD Kota Metro Sosialisasi Perda Nomor 2 Tahun 2020

admin